Berikut tips mudah untuk servis motor sendiri :
1. FILTER UDARA
Karena fungsinya menyaring udara yang
masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa
kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model
sponge atau kertas bisa langsung dibersihkan.
Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.
Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.
Membersihkannya tergantung dari bahan.
Bila busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara
memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih.
“Jangan dipelintir ya, soalnya bisa
gampang rusak dan jadi melar. Setelah diperas, permukaan busa dilumuri
oli SAE 10W-40 secukupnya. Pastikan pakainya oli baru,” saran Hasan
Basri, mekanik Hasan Motor di Kelapa Dua, Jakbar.
2. KARBURATOR
Dari tangki, bensin kemudian disalurkan
ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke
ruang bakar. Nah agar suplai bahan bakar ke ruang bakar enggak
tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.
Untuk bersihin-nya, gak musti bongkar
karburator. Bersih-bersihnya bisa dilakukan dengan cara menyemprokan
cairan pembersih karburator melalui lubang venturi yang menempel pada
boks filter udara. “Semprotkan beberapa kali, dengan mesin dalam keadaan
hidup. Saat cairan disemprotkan dalam karburator, jangan lupa gas
dimainkan,” kata Hasan
3. RUANG BAKAR
Akibat dari proses pembakaran, biasanya
ruang bakar akan ada penumpukan kerak. Terutama pada kubah kepala
silinder. Dulu, untuk membersihkannya, harus membongkarnya.
Tapi sekarang dapat dilakukan sendiri
oleh pengguna motor pemula sekalipun. Caranya menyemprotkan cairan
engine conditioner ke dalam ruang bakar.
“Melalui lubang busi. Lalu baru pasang
lagi busi dan nyalakan mesin. Hasilnya kalau memang ruang bakar dalam
kondisi kotor, maka asap hitam akan keluar dari knalpot. Lakukan
beberapa kali, sampai asap item hilang,” tutur Asep, mekanik bengkel
Padepokan Motor Sport, di Depok.
4. BUSI
Sama dengan ruang bakar, karena proses
pembakaran terjadi kerak yang menempel pada kepala busi. Bila ini
dibiarkan, maka proses pembakaran terganggu, akibat dari minimnya
letikan api dari busi untuk membakar uap bensin.
Agar hal itu gak terjadi, kepala busi
mesti dibersihkan dari kerak yang menempel. Caranya bersihkan bagian
tersebut (elektrode bagian samping dan tengah) dengan ampelas atau bisa
juga dengan sikat kawat.
5. RANTAI
Kendor, kering dan berdebu, membuat
kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang ini akan kurang
maksimal. Nah untuk membuatnya kembali tokcer, perlu disetel lagi dengan
jarak main 2,5-3 cm.
Jika rantai kering, bisa dilumasi dengan
pelumas. Pastikan oli yang digunakan masih baru. “Cara yang lebih
praktis lagi, dengan menyemprotkan chain lube. Selain jadi enggak
kering, rantai juga bebas debu,” terang Hasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar