Selasa, 05 Juni 2012

Olahan Tradisional Jadikan Kuliner Indonesia Mendunia

KULINER Indonesia perlahan disukai masyarakat dunia. Kekayaan bumbu membuat makanan Indonesia punya identitas, terlebih olahan tradisionalnya.

"Gaya dari makanan Indonesia itu sangat tradisional. Anda tidak bisa main-main dengan sesuatu yang sifatnya tradisional, Indonesia harus mempertahankan ketradisionalan makanannya. Ini yang membuat kuliner negara Anda bisa mendunia, sebab tidak ada yang memiliki kecuali Indonesia," jelas Chef Gary A. Palm, Executive Chef Hotel InterContinental Jakarta MidPlaza kepada okezone saat ditemui di Scusa Restaurant, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (22/2/2012).

Chef Gary menegaskan, tidak ada yang perlu diubah dari kuliner Indonesia, meskipun misalnya, terdapat olahan kepala hingga ekor binatang. Ini yang menurutnya menjadikan kuliner Indonesia mempunyai sesuatu yang berbeda. Indonesia bisa lebih mengglobalkan kulinernya lewat edukasi kepada orang asing.

“Caranya bisa dengan membuat buku panduan memasak dari para master chef di Indonesia, buatlah dalam bahasa Inggris," papar chef asal Amerika Serikat ini.

Dijelaskannya lagi, banyak chef luar negeri sedang tertarik mengolah makanan khas Indonesia yang memang terkenal ciri tradisionalnya. "Anda lihat, banyak chef asing yang membuat masakan Indonesia sesuai dengan rasa aslinya, mengenalkan resep asli Indonesia dengan gaya Barat. Evolusi selalu baik, tapi tanpa menghilangkan sifat tradisional," tutupnya. (ftr)



detail berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar