Selasa, 05 Juni 2012

Susu Bendera, PT Frisian Flag Indonesia


Dari bayi sampai sekarang, rasanya kita semua pernah, dan mungkin masih, menikmati Susu Bendera. Terutama susu kental manisnya (SKM). Susu ini merupakan produksi PT Friesche Vlag Indonesia, atau belakangan diinggrikan menjadi PT Frisian Flag Indonesia. Perusahaan ini punya pabrik di Jalan Raya Bogor, kawasan Pasar Rebo, tepat di persimpangan menuju Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Susu Bendera sudah hadir di Indonesia sejak 1922. Bisnisnya dulu dimulai dengan mengimpor susu dari koperasi susu di Belanda sana: Cooperative Condensfabriek Friesland. Sekarang PT Friesche Vlag Indonesia ikut ke induk barunya: Royal FrieslandCampina. Karena itu pula PT Friesche Vlag Indonesia suka menggunakan nama Friesland Campina Indonesia. Selain merek Bendera, perusahaan ini juga memakai merek Yes! dan Omela.

Sekilas, pabrik Susu Bendera di kawasan Pasar Rebo ini berada di pusat kota atau kawasan pemukiman. Tapi ya apa boleh buat, Jalan Raya Bogor dulunya memang tergolong kawasan industri, dan dulu masih jadi kawasan pinggiran Jakarta. Karena itulah mulai dari area Susu Bendera hingga ke Cibinong, Bogor, di seluruh sisi Jalan Raya Bogor, bertebaran banyak pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar